Monday, February 4, 2013

INSTAL APLIKASI SAKPA 2013


 
  1. Lakukan Instalasi: Installer Aplikasi SAKPA 2013.exe
  2. Masuk ke Aplikasi SAKPA 2013 dengan User : admin dan Password: admin
  3. Setelah masuk klik Tabel Referensi > klik SATKER > isilah sesuai Kode Kementerian, ES-1, Wilayah dan Kode Satker beserta Uraian Satker.
  4. Buatlah: USER ACCOUNT  yg terdiri dari: Nama, Nama id, Password, Satker dan pilih Jenis Kewenangan mis: Kantor Daerah (KD).
  5. Masuklah kembali: LOG OFF dengan User dan Password yg telah dibuat.
  6. TRANSFER DIPA KE APLIKASI SAKPA 2013: Pada menu: Transaksi > Copy DIPA dari Aplikasi SPM > isi User dan Password SPM 2013 Anda, (misalnya: ppspm), gunanya untuk menyambung koneksi dengan Aplikasi SPM 2013. (Tentu saja Aplikasi SPM dan SAKPA harus dalam 1 komputer / Laptop). Kemudian pilih No. Dokumen (No. DIPA) yg tersedia, Tanggal Dokumen dan Tanggal Buku otomatis muncul > klik Proses. 
Untuk yang tidak memiliki aplikasi SPM 2013 dalam komputer yang sama, bisa diinput secara manual, caranya bisa dilihat disini.
  1. Langkah selanjutnya adalah PENGAMBILAN SALDO AWAL. Pada menu: Proses > klik Pengambilan Saldo Awal > Otomatis akan masuk Directory c:\Sakpa12\trn dengan munculnya kode BAES1, Wilayah, Satker dan J.Satker, seterusnya klik pada kotak "Pilih" > Klik Proses Data > Keluar.
Untuk yang tidak memiliki aplikasi SAKPA 2012 dalam komputer yang sama, caranya bisa dilihat disini.
  1. Cek Rekonsiliasi Saldo Awal Anda untuk memastikan tidak ada selisih. Langkahnya: Menu: Rekonsiliasi BMN > Rekonsiliasi Saldo Awal > pilih SALDO AWAL BULAN: Januari > klik Proses.
  2. Selanjutnya silakan lakukan Proses Rekonsiliasi SAKPA Anda ke KPPN. Menu: Transaksi > Copy SPM/SP2D dari Aplikasi SPM (dalam komputer yang sama) > masukkan user dan Password SPM untuk meng-koneksi pengambilan SPM/SP2D (pastikan Anda sudah Mencatat No. dan Tanggal SP2D dan me-Load Masternya pada Aplikasi SPM 2013.
Untuk yang tidak memiliki aplikasi SPM 2013 dalam komputer yang sama, bisa diinput secara manual, caranya bisa dilihat disini.
  1. Posting
  2. Cetak Laporan
  3. Rekon ke KPPN
Kalau ada kekurangan, mohon disampaikan / dilengkapi pada komentar di bawah. Terima kasih. Semoga bermanfaat. 


Download Link  :
Aplikasi SAKPA 2013 :            http://adf.ly/Ia50s (via mediafire)

No comments:

Post a Comment